Search Here

Tuesday 11 October 2016

Playing Tag - Kejar Kejaran dengan Roh Penghuni


Danger Level = High

Siapa di sini yang nggak tahu permainan kejar-kejaran? Pastinya semua sudah pernah donk, bermain kejar-kejaran di masa kecil, kecuali kalian yang lahir setelah smartphone merajalela dan lebih sibuk bermain game di iPad daripada dengan teman dan tetangga sekitar.

Ada satu jenis permainan kejar-kejaran yang dulu beberapa kali gw mainin... dasar anak kecil, lagi hobi-hobinya mainan sama dunia gelap (bukan dugem ya), mulai dari jelangkung sampe Charlie, Charlie semua dicoba. Permainan yang ini sebenarnya merupakan permainan kejar-kejaran biasa... tapi harus dilakukan ketika hari sudah gelap, di tempat terbuka, dan pada saat bulan bersinar terang.

Ketika udah gede (sekarang), gw iseng nyari-nyari info tentang game ini dan ternyata... ada lho!

So, gw menuliskan permainan yang satu ini, yang berupa gabungan antara info-info yang gw dapet dari internet beserta pengalaman gw sendiri ketika bermain.

Enjoy.

What you need =

1. Beberapa teman yang mau bermain bersama.

2. Semacam alat yang bisa memberi cahaya sejumlah pemain (obor, senter, lighter, lampu teplok, apapun itu). Dulu ketika gw bermain, kita nggak pakai alat pencahayaan, tapi salah satu syarat permainan yang gw tau adalah harus bermain ketika bulan sedang bersinar terang, so... mungkin cahaya bulan ini dimaksudkan sebagai pengganti alat penerangan.

3. Jam tangan yang ada timernya atau handphone dengan timer sejumlah pemain.

4. Peluit / sempritan sejumlah pemain.

Note! 
Permainan ini bisa dimainkan sendirian kalau kamu mau, tapi sangat tidak disarankan karena danger level bisa langsung naik jadi super berbahaya. Bahkan semakin banyak pemain malah semakin bagus, karena apapun yang ada di luar sana dan ikut bermain denganmu jadi punya banyak target, berbeda kalau kamu main solo "mereka" akan memfokuskan semua perhatian kepadamu.

How to play =

1. Carilah sebuah tempat yang bisa dipakai bermain. Idealnya, tempat ini terbuka, dan ada beberapa landmark dengan garis batas yang jelas. kamu membutuhkan satu area yang akan berfungsi sebagai "base", tempat amanmu. Jika tidak ada, kamu bisa saja memagari sendiri area base untuk kalian ini, tapi game bisa jadi lebih berbahaya. Tempat ini juga kalau bisa bukan berupa tanah lapang terbuka karena jadi tidak ada tempat untuk bersembunyi. Gedung terbengkalai, hutan kecil, ladang, reruntuhan, atau kuburan semua bisa menjadi tempat bermain. Namun disarankan tempat permainan yang kalian pilih kalian kenal dengan baik dan aman. Jangan sampai kaki kalian patah gara-gara kesandung waktu lari, atau ada penjahat datang dan ngerampok kalian. Ingat, di malam hari kadang manusia bisa lebih berbahaya daripada setan.

2. Kalian bisa bermain tanpa sumber pencahayaan sama sekali, namun permainan akan jadi jauh lebih berbahaya dalam kegelapan total bahkan tanpa perlu ikut campur bangsa dedemit sama sekali. Dalam kegelapan total kalian akan sangat mudah jatuh terjerembap atau terluka.

3. Jika sudah menemukan tempat bermain yang tepat, berkumpullah di sana di kala senja, sebelum hari benar-benar gelap. Berkumpullah kira-kira di tengah-tengah area tempat kalian bermain. Pastikan semua pemain membawa benda-benda disebutkan diatas lengkap. Tunggu sampai gelap.

4. Ketika sudah gelap, berdirilah melingkar dan saling berpegangan tangan. Seseorang harus mengatakan, "I invite the local dead to play a game. Home is (___tempat yang kalian jadikan base___). Once home we blow our whistle and we are safe. Once we are all home the game is done. You may count to (___angka berapa saja___). The game begins once my whistle blows."
Terjemahan: "Kami mengundang kalian untuk bermain bersama kami. Rumah adalah (___tempat yang kalian jadikan base___). Begitu kami sampai di rumah, kami akan meniup peluit ini dan kami aman. Ketika kami semua sudah sampai di area rumah, permainan selesai. Hitunglah sampai (___angka berapa saja___). Permainan dimulai ketika aku meniup peluit ini."

5. Pastikan base yang kalian sebut jelas batasannya dimana. Pastikan angka yang kalian sebut cukup panjang dan memungkinkan kalian untuk ngumpet dengan cepat.

6. Setelah itu, orang yang tadi bicara (dan harus meniup peluit tanda game dimulai) harus memberi tahu semua orang jam berapa permainan akan dimulai. Atur semua timer / stopwatch sejumlah angka yang tadi disebut.

7. Menyebarlah ke berbagai area di tempat permainan. Semua orang harus start sendiri-sendiri, tidak boleh ada 2 orang yang mulai di tempat yang sama. Jika ada yang larinya pelan atau badannya lemah, aturlah supaya mereka mulai di tempat yang cukup dekat dengan base kalian.

8. Tiup peluit pertanda game dimulai. Bersamaan dengan tiupan peluit, mulailah timer / stopwatch kalian.

9. Kalian punya waktu sampai timer / stopwatch berhenti untuk mencapai base.

RULES, DO'S AND DONT'S

1. Kalian harus bersembunyi setiap kali ada seseorang yang mendekat. Dua pemain tidak boleh berlari bersama.

2. Jika ada yang "tertangkap", ada kemungkinan pemain itu akan kesurupan dan mulai mengejar pemain lain. Ini sebabnya kalian tidak boleh berdekatan satu sama lain dan hindari lari bersama.

3. Jika kalian merasakan sesuatu yang aneh, segeralah mencapai base secepat mungkin.

4. Begitu sampai di base, segeralah tiup peluit masing - masing yang menandakan kalian sudah aman dan tidak bisa dikejar lagi. Si "pengejar" akan memfokuskan diri mengejar mereka yang masih di luar.

5. Begitu semua pemain sudah mencapai base, segeralah katakan "Game is over, thanks for playing." (Terjemahan: "Permainan sudah usai! Trimakasih sudah bermain bersama kami.")

6. Tidak ada yang bisa menebak jika tertangkap, apa yang akan "mereka" minta untuk mengembalikan pemain yang tertangkap. Setiap roh berbeda dan kalian harus pandai bernegosiasi.

7. Jika ada pemain yang tidak berhasil mencapai base, permainan tidak akan pernah usai sampai pemain yang hilang itu ditemukan dan mencapai base bersama semua pemain lainnya, kemudian game diakhiri seperti nomor 5. Jika langkah ini terlewatkan, kalian akan dihantui seumur hidup kalian.

8. Game ini berbahaya tanpa perlu ada roh yang ikutan bermain karena semua orang tahu berlarian dalam gelap saja sudah berbahaya. Kalian bisa terluka atau dirampok orang, apalagi semua orang harus berlari sendirian dan tidak ada yang tahu kondisi pemain lainnya.

3 comments: