Search Here

Sunday 28 August 2016

Doors to the Mind - Mengintip Labirin dalam Pikiranmu



DOORS TO THE MIND adalah sebuah permainan “di antara”. Di antara apa? Di antara psikologi dan spiritual.

Permainan ini sangat mudah dilakukan, cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan apa - apa, dimainkan oleh dua orang, dan di Amerika permainan ini cukup populer sebagai “pembuka” menuju permainan lainnya yang lebih rumit. 

DANGER LEVEL = Low

How to play =

1. Persiapkan kamarmu senyaman mungkin. Bawa seorang teman yang kalau bisa suara dan kharismanya mirip - mirip Morgan Freeman, dan pekerjaannya jadi pengarang atau designer, biasanya imajinasinya tinggi. Temanmu ini akan menjadi pemandumu di dunia pikiran. 

2. Redupkan pencahayaan di kamar sampai jadi hanya remang - remang. Kalau mau, nyalakan beberapa lilin aromaterapi untuk membantu relaksasi. 

3. Relaksasikan pikiran dan badanmu sebelum memulai. Mandi air hangat sebelum memulai, minum cokelat / susu hangat, dan apapun yang bisa membuatkan berada pada kondisi rileks, tenang, dan senang. 

4. Minta temanmu duduk di mana saja yang nyaman. Letakkan kepalamu telentang di pangkuan temanmu. Dialasi bantal juga boleh supaya empuk. Buat dirimu senyaman mungkin. Tutup matamu dan kosongkan pikiran.

5. Minta temanm untuk memijat lembut kedua sisi kanan dan kiri dahimu dengan kedua jempolnya dengan gerakan memutar searah jarum jam. Kalau gerakan temanmu membuatmu tidak nyaman, mintalah dia untuk lebih pelan / lebih kencang / apapun sesuai selera pijatanmu. Jika kamu sudah merasa enak dengan pijatan temanmu, lanjut ke langkah berikutnya.

6. Jika kamu sudah merasa nyaman dan di ambang kondisi trance, temanmu harus memandumu memasuki dunia Doors of the Mind. Temanmu akan memandumu memasuki dunia ini, menanyakan hal dan mencatat apapun yang kamu temui di sana. 

7. Ini contoh pembuka yang temanmu bisa katakan padamu untuk memulai prosesi: "Kamu berada di ujung sebuah koridor yang sangaaaat panjang. Di sisi kanan kirimu ada banyak pintu. Jelaskan padamu apa yang kamu lihat, pegang, dan dengar."

8. Jika kamu sudah berhasil memasuki dunia Doors to the Mind, eksplorasi selanjutnya terserah kalian. 

9. Jika sudah cukup atau kamu menemukan sesuatu yang berbahaya, temanmu bisa membangunkanmu dengan paksa dengan cara menggoncang-goncang badanmu (atau kalau kepepet mau nampar juga boleh yang penting bangun.)

WARNINGS

SELALU JELASKAN PADA TEMANMU KONDISI SEKITAR SEDETAIL MUNGKIN. Pintu seperti apa yang kamu masuki? Warnanya apa? Bentuknya seperti apa, apakah pintu modern atau pintu kuno, pintu kamar atau pintu gerbang? 

JIKA KAMU MEMASUKI RUANGAN YANG BERISI JAM, SEGERA KELUAR. Kamu bisa stuck di sana. 

JIKA KAMU MENEMUKAN SESOSOK WANITA TUA DI DALAM RUANGAN, SEGERA KELUAR. Dia bisa menarikmu untuk tidak pernah lagi keluar dari alam pikiranmu. 

TIDAK SEMUA BENDA ATAU MAKHLUK DI DALAM PIKIRANMU BERSIFAT BAIK. Pikiran manusia termasuk salah satu hal yang paling kompleks dan susah dimengerti di alam semesta ini. Bahkan tidak ada jaminan kamu sendiri mengerti 100% apa yang ada dalam pikiranmu. Permainan ini akan memandumu memasuki seluruh relung pikiranmu, baik yang menyenangkan maupun yang tidak. 

SELALU CEK APA YANG KAMU PAKAI DAN BAWA DI DALAM ALAM PIKIRANMU. Jelaskan pada temanmu apa yang kamu kenakan, benda apa yang kamu bawa atau ada di kantongmu. 

BERHATI - HATILAH KARENA KAMU BISA SAJA TERTAHAN DALAM DUNIA PIKIRANMU. Ada kisah nyata dari seorang teman yang bermain permainan ini. Seorang nenek yang dia temui dalam dunia pikirannya mencoba mengunci pintu ruangan yang dimasuki si teman ini, dan adiknya yang menjadi pemandu sampai harus menampar wajahnya berkali - kali sampai bangun. 

JANGAN PERNAH LAKUKAN INI SENDIRIAN. Kamu tidak tahu apa yang akan kamu temui dalam pikiranmu, salah - salah kamu bisa terjebak dan tidak bisa bangun lagi. 

No comments:

Post a Comment