Search Here

Thursday 23 June 2016

Synchronising Mirror: Memotret Wujud si Penghuni Cermin


Danger Level = Medium

What you need =

1. Ruangan gelap tanpa jendela ukuran medium dengan hanya satu lampu di dalamnya, kalau bisa paling bagus sih kamar mandi.

2. Kaca ukuran medium. Idealnya jarak dari kaca ke switch lampu tidak jauh - jauh, jarak yang kamu bisa matiin lampu sambil ngaca.

3. Seorang teman yang jago motret.

4. Kamera DSLR. Set shutter speed dengan kecepatan setinggi mungkin tanpa membuat hasil gambar terlalu gelap. Tes dulu sebelum bermain.

How to play =

1. Masuki ruangan yang sudah dipersiapkan sendirian. Suruh temen kamu menunggu di luar ruangan dengan kamera siap di tangan, setting sudah diatur, dan kamera dalam keadaan ready.

2. Pastikan semua lampu di rumah mati, hanya lampu di ruangan ini saja yang menyala.

3. Pelototi bayangan kamu di cermin dalam jarak sekitar 15 cm. Kalau berasa enggak nyaman, mundur dulu 15 cm lagi. Pelototi terus sampai kamu merasa tidak aneh memelototi bayanganmu di cermin, kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan sampai kamu bisa memelototi cermin dalam jarak hanya 15 cm.

4. Pelan - pelan, julurkan tanganmu ke switch lampu dan matikan.

5. Minta temanmu masuk menghadap ke cermin dengan kamera di posisi siap memotret. Jangan sampai dia melihat cermin dengan mata telanjang, suruh temanmu hanya melihat cermin dari viewfinder kamera.

6. Beritahu temanmu untuk segera memotret cermin dalam waktu sepersekian detik begitu lampu menyala. Bersiaplah, waktu kalian tidak banyak.

7. Sudah siap? Nyalakan lampu.

8. Ketika kamu menyalakan lampu, kamu tidak boleh sampai melihat cermin. Temanmu pun tidak boleh melihat cermin secara langsung. Begitu terpotret, segera hancurkan cermin TANPA MEMANDANG LANGSUNG KE CERMIN. Siapapun boleh menghancurkan cermin, yang penting jangan melihat langsung.

9. Kabur secepat mungkin.

10. Nyalakan semua lampu di rumah. Setelah itu, kamu bisa melihat hasil foto yang kalian peroleh.

DO'S AND DONT'S

JANGAN SAMPAI TEMANMU MELIHAT CERMIN DENGAN MATA TELANJANG.
Hanya lihat cermin dari viewfinder kamera.

JANGAN SAMPAI KALIAN MELIHAT LANGSUNG KE CERMIN SETELAH LAMPU DINYALAKAN KEMBALI.
Alihkan pandangan ke tempat lain sembari memecahkan cerminnya.

JANGAN SAMPAI KAMU MELIHAT CERMIN KETIKA MENYALAKAN LAMPU.

Keterangan = 

Orang berpendapat cermin adalah benda yang memantulkan bayangan. Ada pula yang beranggapan refleksi di dalam cermin bukanlah bayangan orang yang bercermin di depannya, tetapi "sesuatu" yang menirukan gerakan orang dengan sempurna. Setiap cermin memiliki "sesuatu" yang berbeda satu sama lain. Ini penyebab terkadang kita bisa merasa lain ketika bercermin dengan cermin yang tidak bisa kita pakai.

Foto yang diambil temanmu akan menunjukkan wujud asli si penghuni cermin.

No comments:

Post a Comment